Modus baru penipuan

Ini Sharing dari seorang kawan saya di Jatim. Modus baru penipuan dengan berkedok sebagai Romo.
3 mInggu yang lalu saya melakukan cek gula darah di RS William Booth,Sementara menunggu dokter saya duduk berbaur dengan pasien yang lain Seorang wanita setengah baya mendekat saling sapa dengan saya dan berceritera bahwa ibunya sakit komplikasi sembuh dengan perantaraan doa seorang Romo.. Saya tanya dia dari paroki mana, dia menyebut satu paroki tetapi tidak sesuai dengan lokasi wilayah domisilinya Saya pikir itu hal biasa orang bebas ke gereja mana saja
Setelah pemeriksaan dokter selesai, seorang pria setengah baya , rapi menyapa saya “Ibu katolik ya’ Saya tanya “Anda siapa? Jawabnya “Saya Romo dari Jakarta:”Karena saya buru buru mau ambil obat Romo ini saya tinggal sambil tak habis pikir kok Romo kenapa berobat didi RS William Booth? Baru saja saya menyerahkan resep wanita tadi mendekat lagi dan bertanya  “Romo Martinus bilang apa?” Baru aku tahu namanya Martinus “Dia yang menyembuhkan ibu saya” Secara reflex saya mendekati”Romo” tersebut basa basi menyapa tanya asalnya dari mana Dia bilang dari Katedral Malang di Batu untuk melayani penyembuhan orang sakit “Katedral Malang kok di Batu? (Katedral lokasinya antara jalan Guntur dan Ijen Malang)”Pikir saya.
Kemudian saya diajak berdoa ,setelah itu dia pegang nadi kiri saya dan nampak ada keluar asapnya
Kemudian dia berpesan dapat melakukan penyembuhan dengan doa jarak jauh lewat tilpon, sewaktu waktu saya membutuhkan  dengan syarat 30 hari tidak diberitahukan orang lain  Dengan meninggalkan no ponsel dia pamit mau ke Rs Elizabeth karena paginya dia sudah melayani di R S  Tlogorejo
Tak lama kemudian wanita tadi yang mengaku bernama Anita
mendekat dan meyakinkan saya bahwa ibunya sembuh total didoakan Romo tersebut  Kamipun berpisah sesuai urusan kami masing masing setelah sempat tukar no ponsel juga
Malamnya secara iseng saya tillpon si Romo tadi untuk minta kejelasan identitasnya Tapi kiok yang dia tanyakan aneh Saya punya tanah berapa mata uang asing berapa  Harta saya harus dikuduskan  dari hal yang negatif lewat doa Mulai timbul kecurigaan saya maka saya putus pembicaraan   dengan hormat
Esoknya Tilpon dari Anita dan Romo itu tak pernah saya angkat Saya yakin ada yang tidak beres hanya saya syukuri tidak terjadi apa apa dengan diri saya jadi saya lupakan saja
Sabtu malam yang lalu saya share pengalaman saya pada beberapa teman sesama peziarah ke 9 Gua Maria yang berasal dari,paroki lain ,Tak disangka ternyata sudah ada 2 orang yang sudah jadi korban dari satu paroki tersebut.Satu ketemu di Rs Telogorejo  perhiasannya habis di copoti  dikuduskan oleh Romo dibungkus koran tapi setelah pulang dibuka tak ada lagi dan yang satu lagi ketemu di RS Elizabeth seorang ibu yang dikuras habis semua harta kekayaannya Sampai akhirnya rumahnya di jual karena sudah tak punya apa apa lagi Mereka tak berani lapor karena menyangkut seorang Romo dan merasa bersalah sendiri Paling hanya antar keluarga Sampai saat ini belum saya ketahui adanya korban dari paroki lain
Modus operandinya sama yaitu
1. Mengaku seorang Romo
2. Sasarannya orang yang mengalami gangguan kesehatan
3  Lokasi pertemuan di Rumah sakit dengan alasan penyembuhan..
4  Dilanjutkan pembicaraan lewat tilpon.
5 Ada upaya penarikan dana atau harta dengan bermacam alasan,antara lain derma untuk gereja
6 Setelah berhasil pelaku tak bisa dihubungi
7 Dalam operasinya dibantu seorang wanita cantik.
Di mohon umat katolik berhati hati terhadap pria tersebut dengan ciri ciri sebagai berikut
Setengah umur, rapi memang berlagak santun sehingga orang percaya kalau  Romo dan mengaku dari daerah Jawa Timur dengan dibantu teman seorang wanita yang bertugas mendekati korban terlebih dulu
Tapi  memang perlu kecerdasan dan kepekaan instinktif terhadap kejanggalan kejanggal an yang ada tentang identitasnya
Sengaja nama paroki dan identitas korban tidal saya sebutkan untuk menjaga privacy.
Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda semua.

Tinggalkan Balasan

