Aneka Jenis tanaman air

1.       Lotus

Tanaman  jenis ini membutuhkan media air dan tanah, biasanya diletakkan dalam pot tanah liat yang tinggi.

Bunga  Lotus sangat besar, ada yang putih dan merah, menurut para pedagang  tanaman hias, jenis bunga putih sudah sangat langka dan mahal harganya.

Daun lotus berwarna hijau dan besar, tapi ada juga yang kecil. Tangkai batang lotus dapat mencapai  1 meter lebih. Daunnya dapat juga dijadikan daun bungkus pepes makanan, spt pepes ikan.

Bunga Lotus akan muncul dan mekar bersamaan dengan hari raya keagamaan, penulis sudah mengamatinya ketika mulai tumbuh dan mekar selalu bersamaan dengan perayaan suatu agama baik Katolik, Islam, Hindu dan Budha.

 

Berikut ini gambar dari Lotus Putih, mulai dari bakal bunga sampai dengan mekarnya.

siklus-lotus.jpg

     2.     Teratai

Tanaman jenis ini membutuhkan media air dan tanah, biasanya diletakkan dalam pot tanah liat yang melebar.

Bunga teratai tidak terlalu besar, ada yang merah, putih, kuning, merah jambu dan lainnya. Tanaman ini identik dengan agama Budha, tapi juga banyak ditanam dan dipelihara oleh masyarakat karena bunganya yang indah ketika mekar.

Daun teratai akan besar, jika cukup zat makanan dan pupuk, daunnya akan membesar dan terbentang diatas air, kita dapat mengunjungi teratai besar dan langka di Kebun Raya Bogor.

bunga-teratai-merah-1.jpg 

3. Kapu-kapu

Tanaman Jenis ini memerlukan media tanah dan air, jika kebanyakan air dan terkena sianr matahari langsung, maka daunnya akan cepat hancur.

Biasanya tanaman ini dipergunakan untuk tempat ikan-ikan hias bertelur, karena memiliki akar yang menggantung panjang kebawah air.

kapu-kapu.jpg

 

About these ads

21 pemikiran pada “Aneka Jenis tanaman air

  1. ass,smoga kebun raya smakin tambah indah pemandangan tamannya.tambah pesan:klo bisa di dlm lokasinya di tambah bangunan berupa rumah adat sunda biar jd tambah menarik suasana para pengunjung.

  2. Ada ngga tanaman air yang tidak memerlukan cahaya ?
    tolongin dong… saya punya kolam yang agak terlindung,Trus cara tanamnya gimana ? and medaianya apaan ya ?

  3. saya punya budidaya tanaman air jenis kapu-kapu kebetulan saya punya ternak lele. jika ada yg memerlukan kapu-kapu silahkan hub. 081277082926 batam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s