Mencegah dan Mengobati Mimisan

Mimisan 90% dapat diatasi sendiri. Jangan panik.

 

Bagian dalam hidung dilapisi oleh selaput lendir yang selalu basah.

Selaput lendir ini banyak mengandung jalinan pembuluh darah. Di bagian depan, jalinan pembuluh darah disebut sebagai pleksus

 

Kiesselbach. Di bagian belakang juga ditemukan jalinan pembuluh darah. Bila pembuluh darah ini pecah, terlihat sebagai mimisan.

Sebagian besar mimisan dapat berhenti dengan pertolongan sederhana atau bahkan berhenti sendiri. Yang sering terlihat menakutkan dan membuat ibu panik adalah bila anak mengalami muntah darah, padahal sebenarnya hanya memuntahkan darah yang tertelan.

Demikian pula dengan batuk darah, bukan berasal dari paru melainkan karena batuk

mendorong darah yang ada di tenggorokan.

 

Penyebab :

1. Paling sering adalah benturan atau kebiasaan mengkorek-korek hidung.

2. Udara panas dan kering menyebabkan selaput lender hidung menjadi kering dan pecah.

3. Bila hidung tersumbat terus dan berbau busuk, mungkin disebabkan anak memasukkan  suatu benda ke dalam hidungnya.

4. Sekat hidung yang bengkok, menyebabkan aliran udara kurang baik.

Akibatnya selaput lendir hidung menjadi kering dan pecah.

5. Pilek dan alergi. Peradangan di rongga hidung dan membuang ingus terlalu keras dapat menyebabkan mimisan.

6. Mencium bahan kimia, misalnya asam sulfat, bensin, amonia.

7. Kadang-kadang mimisan adalah gejala penyakit darah,misalnya

kurang trombosit, kurang faktor pembekuan, leukemia, dan lain-lain.

Pada penyakit-penyakit tersebut, sering ada gejala lain misalnya

pucat, biru-biru di kulit, dan lain-lain.

8. Mimisan pada orang dewasa dapat disebabkan merokok, tekanan darah

tinggi, alkohol, atau makan obat yang mengencerkan darah.

9. Anak yang minum obat yang mengandung asetosal dan ibuprofen juga dapat mengalami mimisan karena darah menjadi kurang cepat membeku.

 

Mencegah mimisan :

1. Jangan mengkorek-korek hidung.

2. Jangan membuang ingus keras-keras.

3. Hindari asap rokok atau bahan kimia lain.

4. Gunakan pelembab ruangan bila cuaca terlalu kering.

5. Gunakan tetes hidung NaCl atau air garam steril untuk membasahi hidung.

6. Oleskan vaselin atau pelembab ke bagian dalam hidung sebelum tidur, untuk mencegah kering.

7. Hindari benturan pada hidung.

 

Pertolongan :

1. Duduk, agar hidung anak lebih tinggi dari jantung.

2. Membungkuk ke depan sedikit, dan bernapas dari mulut.

3. Jangan tidur terlentang. Aliran darah ke hidung bertambah deras, dan darah dapat tertelan ke belakang.

4. Tekan hidung selama 5 menit. Yang ditekan adalah seluruh Bagian depan cuping hidung, tepat di atas lubang hidung.

5. Tangan yang lain dapat digunakan untuk memberi kompres dingin

menggunakan es pada tulang hidung, untuk memperlambat aliran darah ke hidung.

6. Bila setelah 5 menit masih berdarah, tekan lagi selama 10 menit.

7. Kalau masih tetap berdarah, bawalah anak ke ruang gawat darurat rumah sakit.

8. Bila sudah sering mengalami mimisan, dapat meminta campuran lidokain 4% untuk mengurangi nyeri dan epinefrin 1 : 10.000 untuk mempercepat darah berhenti.

 

Pemasangan selama 10-15 menit seringkali sudah cukup. Semprotan hidung oxymetazoline 0.05% juga dapat membantu.

Bagaimana dengan daun sirih? Daun sirih merupakan adstringent, yang

berfungsi menciutkan pembuluh darah. Daun sirih dapat menolong,

tetapi sterilitasnya kurang terjaga. Jangan-jangan mimisannya sembuh

tetapi jadi mengalami infeksi. Tekan dengan jari akan lebih aman.

 

*Sumber dari: Majalah anakku

About these ads

78 pemikiran pada “Mencegah dan Mengobati Mimisan

  1. assalamualaikum wr.wb

    pak ini saya ingin minta tolong saya mimisan hampir tiap minggu padahal umur saya masih 18 .mimisan ini saya alami sejak saya sering [mengkretek kretek] pinggang
    pak tolong minta bantuannya yang berupa nasehat-nasehat

    wassalamualaikum wr.wb

  2. assalamualaikum wr.wb

    pak ini saya ingin minta tolong saya mimisan hampir tiap minggu padahal umur saya masih 18 .mimisan ini saya alami sejak saya sering [mengkretek kretek] pinggang
    pak tolong minta bantuannya yang berupa nasehat-nasehat

    wassalamualaikum wr.wb

  3. Assalamu ‘alaikum,thanx bgt atas infox. Sangat bGuna buat mAtasi kepanikan saya, krn saat si bungsu mulai mimisan biasax saya lgsg ketakutan & bingung..

  4. Ini sangat berguna buat saya.karena mimisan hal yg baru dialami anak saya.Namun sy tetap masih khawatir,krn asal mimisan yg dialami anak saya belum jelas penyebabnya.saya sdh periksakan ke dokter dan sdh diberi obat.darah sempat berhenti satu hari,namun saat ini keluar lagi.Tapi saya akan coba saran dari milis ini.Terimakasih info dan sarannya.Semoga anak saya cepat sehat kembali.

  5. Hari kamis lalu tepat tgl 25 dec’08 anak kedua saya 8,5 thn ketika bangun tidur pagi jam 0630 keluar darah segar dari lubang hidungnya (mimisan?) saya panik,trus saya ambil tisue menekan hidung dan menutupi lubang hidungnya tapi darahnya tambah deras ga mau berhenti, trus saya ambil batu es saya letakkan di hidung anak saya tapi juga darah ga mau berhenti mengalir, lalu si mbak memetik daun sirih di rumah tetangga lalu memilin2 dan memasukkan daun tsb ke lubang hidung nya…Alhamdulillah beberapa saat kemudian darah berhenti mengalir…Mdh2an hal ini ga akan terulang lagi…

  6. Maaf sebelumnya dan terima kasih untuk infonya

    Namun benarkah yang ditekan adalah seluruh Bagian depan cuping hidung, tepat di atas lubang hidung?

    karena letak pleksus Kiesselbach tidak tepat di tempat tersebut

    terima kasih.

  7. assllkm wr.wb,
    saya mengalami mimisan sejak 1 mg lalu dgn tenggang waktu antara 2 s/d 3 hr, yg terjadi setiap tengah malam (antara jam 2pagi), biasanya setelah mimisan dibarengi dgn batuk kering, & kadang2 pg harinya riak saya bercamopur darah kental, tetapi setelh bbrp hr saya mimisan pd tengah mlm, pd hr ke 6 (mimisan ke 4) terjadi pd wkt magrib, mimisan sy sesaat & rasanya ditenggorokan tdk enak (rasa amis darah), usia saya sdh 43 thn, sy sebelumnya tdk pernah mimisan.tolong info… mimisan apa yg sy alami & bgmn cara menanganinya. terima kasih
    Wasslkm
    terima kasih

  8. asalamu’alaikum….saya mimisan seminggu yang lalu ketika pagi-pagi saya bangun tidur… setelah itu saya sering pusing kepala seperti mau pecah… dan wajah saya terlihat pucat sampai saat ini saya menulis. dua hari setelah mimisan ketika bangun pagi saya mengeluarkan dahak dan penuh darah… usia saya 19 tahun. terimakasih… mohon bantuannya.

  9. terimkasih atas infonya, akan menjadi referensi bagi kami, karena saat ini kakak saya br mimisan, dan baru dicek oleh dokter penyebabnya, dan semoga hasilnya baik.amin. & Tuhan berkati.

  10. trimakasih atas infonya..
    saya mau tanya,saya wanita umur 17th..
    biasanya,mimisan itu hanya pada anak-anak,tapi kenapa saya sampai sekarang masih sering mimisan,dan itu sering terjadi,.ya tiap minggulah..dalam sebulan sampai beberapa kali..apa penyebab pastinya?dan bagaimana pencegahannya?apakah saya perlu memeriksakan ke dokter?

  11. Asslmkm,sya tiba2 mimisan pada mlm hri..trz hri ke 2 jga mimisan lgi pda pgi hri,klu sya tu2p hidung malah kluar lwat tenggorokan,darah yg kluar jga bnyak,slain drah jga ada yg kluar gumpalan darah sprti ingus(ky hati ayam),tp setelah itu kluar alhamdulillah bsa brhenti,tp ada lgi klau sy buat tduran selalu terjadi lgi,jdi akhir2 ini sya tdurnya smbil duduk..kondisi sya sdang batuk pilek..mkan g teratur..perokok,umur kra2 20th..tidak ada gejala lain..yg sya tanyakan adl bahayakah dan bgaimana solusinya?trimakasih atas jawabannya..sy ttgu.

  12. Asslmkm,sya nak 16 th awalny mlam hri sya tiba2 mimisan llu hri berikutny stelah plang school sya mimisan dan sngt lama mimisan y dan keluar darah y jg bnyk.lalu mlam hri y sbelum sya tidur tiba2 sya mimisan lagi.saya mau tanya apakah mimisan sya ini ada indikasi penyakit.dan apakah saya perlu memeriksakan y k Dokter?Terima kasih.

  13. saya suka mimisN 3x dlm sminggu, sy tkut karna pd saat ini saya sdng mengandung anak pertama. keluhan saya ini pernh sy lmi sejk kecil, tp sdh lm gk datng2 lg. br skrng inii muncul kembli. tolong sy y dokter. p obt yg bik untuk sy ., tks!!!

  14. Saya mengalami mimisan sjak usia sya 18 thn
    ttp wkt dlu msh jrang
    tetapi pd usia sya 21 thn mimisan it sring trjdi dn d barengi dg skit kepala
    saya mimisan tjdi ny pd tngah malam
    tlong bagaimana cra mengobati ny
    trima kash

    • Mungkin di bagian hidung sebelah kiri kamu memang ada luka. ciri2nya saat mengorek hidung ada rasa sakit dan perih di bagian yg luka. Luka yg belum kering, bisa membuat mimisan sementara. sebaiknya setelah mimisan, jangan mengorek hidung atau mengeluarkan lendir terlalu keras, karena takut lukanya terbuka lagi. Saya bukan dokter, tp saya pernah mengalami ini

  15. Dengan Hormat,

    Saya mengalami kendala pada saluran pernafasan saya, sudah beberapa hari ini apabila saya membuang ingus selalu mengeluarkan darah tapi sedikit, dan bila saya bersihakan mengunakan tissue akan tertempel darah, memang saya sering membersihkan hidung dengan jari dan bila membuang ingus terlalu keras, apakah ini ada luka dalam saluran hidung saya?dan bagaimana mengobatinya

    Terima Kasih
    Hendra

  16. Dengan hormat,

    Saya akhir2 ini sering mimisan.. dua tahun yg lalu pernah sering mimisan jg setelah diperiksa kta dokter kuranng minum aja.. Tapi saat ne sdh banyak minum kok tetep mimisan, badan jd gampang cape dan rasanya pusing. selain itu sy gampang masuk angin dan seing bersendawa.. knp ya?? usia sy 24th.

    Terima kasih,
    Wahyu

  17. Saya mengalami mimisan sjak usia sya 20 thn
    ttp wkt dlu msh jrang
    tetapi pd usia sya 25 thn mimisan it sring trjdi dn d barengi dg skit kepala dan kdang2 d srtai biru2 pd kulit
    saya mimisan tjdinya tdk mnentu bsa smnggu sekali,2 mnggu,3mnggu bahkan bisa jg sebulan sekali.,
    tlong bagaimana cra mengobati ny
    trima kash.

  18. Thnxs buat infonya…
    Dulu waktu anak saya msih kecil pernah mimisan,tp jarang sekali..
    Tp sekarang umurnya udah 9th,kenapa sekarang kok jadi sering mimisan…apa bener,kl saat mimisan kepala terasa pusing…
    apa rasa takut tw memikirkan sesuatu yg berlebihan bisa menyebabkan mimisan..?.
    Adakah pantangan2 yg harus dihindari ?
    Tolong minta penjelasannya,dan terima kasih atas perhatiannya.

  19. thanks bwat infonya… udah skian tahun anak saya sering mimisan.. malah sempat 2 kali msk ugd karena mimisan…
    darah sbanyak apakah yg masuk kategori mimisan yg berbahaya?
    terimakasih atas perhatiannya

  20. umur saya 25 th, tapi saya masih sering mimisan terus. setelah mimisan saya selalu lemes banget.
    yang saya tanyakan
    apa saya punya penyakit lain ?
    terus penanganannya bagaimana ?
    trims ika

  21. terimakasih atas infonya…karna semalam anak saya mimisan dan tidak bayak darah yang dikeluarkan…apa mungkin suhu didalam tubuh terlalu panas….

  22. Saya sering mimisan sudah selama hampir 7 tahun ini. Awal sering mimisan pd usia 12 hingga usia saya sekarang 19 tahun. Intensitas mimisan adalah seminggu sekali. Mimisan selalu di hidung sebelah kiri. Tidak pernah mengalami gejala lain selama mimisan. Saya tidak pernah periksa ke dokter, kira-kira apakan ini cukup aman untuk saya?

  23. Dear,,,

    saya suka mimisan klo lagi kecapean, atau lagi banyak pikiran,,,saya tidak pernah periksa ke dokter klo nanya sama teman2 terdekat katanya ga tau apa penyebabnya,,kira2 ada ga ya cara untuk mengatasi agar tidak mimisan lagi??apakah ini berbahaya??mohon diberikan masukan atau saranya !!

    terimakasih

    salam

    rimma

  24. Anak saya sudah dua kali keluar darah dari hidungnya waktu malam hari atau sedang tidur, pagi hari baru kita perhatikan bahwa anaknya lg mimisan, mohon petunjuk dan sarannya

    Atas saran dan arahannya saya ucapkan terima kasih

    Salam

    Eka

  25. Dh,
    Terima kasih informasinya, informasi ini bagus buat anak kami, ada yang ingin kami tanyakan bagaimana melakukan pencegahan supaya mimisan tersebut tidak terjadi? apakah kekurangan vitamin juga salah satu penyebabnya? anak saya salah satu yang tidak suka makan sayuran atau buah-buahan.
    Terima kasih

  26. assl….ikum pak !
    saya zulkifly pak , saya minta tolong pak ! adik saya kenak penyakit mimisan pak dan hampir tiap kali dia mikir dia selalu mimisan . emg dia udah lma kenak penyakit ini . tp 2 bulan ini paling parah , hmpir tiap hari dia mimisan ! teruz untuk penyembuhanya/pencehanya kayak mana ia pak ?
    salam zulkifly

  27. asslmkm…
    pa saya mau tnya…tman laki” saya brumur 17 th..dy mimisan dr kcil n dngn brtmbah dwsa mimisan’y brtmbh prah…smkin dwsa smkin bnyk drah yg kluar..dan bisa sampai pingsan…drah kluar kalo dy cape dan bnyak pkiran…prtma dia demam n lngsung kluar mimisan….

    apa ada cara untuk menyembuhkannya pak?

  28. assalamualikum wr.wb…..
    pa’…. saya mau tanya apakah mimisan adalah kaitannya dengan faktor genetik soalnya saya dan suami dulunya sering sekali sekali mimisan dan ketika anak kami mempunyai anak mereka juga sering mimisan dan mimisan yang mereka alami terjadi setelah mereka panas atau demam. terima kasih atas infonya.
    wassalamualaikum wr.wb…..

  29. ass.wr.wb

    maaf, saya mau tanya begini saya ini sering kali mimisan padahal dulu saya ngak pernah mungkin diperkirakan saya sudah 5 kali lebih mimisan karena sudah sering kali saya biasa saja tpi pda tgl 13-04-2011 saya mengalami mimisan awlny sya kira sudah berhenti tpi ternyata kluar dn smakin deras … gmana ya beritahu agr bisa mencegahnya ?????

  30. Penyebab mimisen katanya dari yg ringan sampai yg berat. Kapan kita harus tenang karena mungkin penyebabnya ringan, dan kapan kita harus mulai waspada takut penyebabnya berat. Sebab beberapa hari ini anak saya mimisen tanpa sebab pasti. Kita kan tidak ingin lengah trus kecolongan karena dikira tidak apa apa

    • mbak biasanya pada anak jarang terjadi mimisan yang berat dan biasanya dapat berhenti sendiri….apabila mimisan dapat berhenti jikA hanya ditekan pada cuping hidung itu dikatakan mimisan yang ringan…klo mimisan yang berat itu bahkan darah dapat keluar dari ditenggorokan….

  31. Saya syok skali,waktu saya mimisan,
    krna sblumnya saya blum pernah mimisan.stelah mimisan yg pertma,trnyata skrng saya jd sering mimisan,
    dan sering d’sertai pusing d’bagian kepala.
    itu knp ya Ka?

  32. Mas , kalo dikampung sering disumbat dengan daun sirih dan mencoba bernafas dengan mulut dl, tapi memang cepat berhenti.tapi sy belum tau analisys medisnya untuk daun sirih dan hubungannya dengan pemampatan mimisan ini

  33. anak saya 3 tahun pernah pilek terus lama kelamaan tercium bau busuk, setelah beberapa hari anak saya bersin ternyata ada gumpalan keluar dari mhidung anak saya berwarna kekuning-kunigan bebbentuk segitiga sebesar ujung jari orang dewasa,dan akhir2 ini tercium bau busuk lagi, saya khawatir kejadian kemaren terulang lagi,solusi alternatifnya seperti apa dok?terima kasih

  34. sekarang adikku udah mendingan dengar cara mencegah dan mengobati mimisan, dia mimisan terus”an, dan skarang dia sudah agak mendingan. Terima Kasih banyak buat admin blog ini. Semoga blognya bisa maju dan menghasilkan beberapa penghasilan yang layak untuk informasi yang penting ini. amin :)

  35. Assalamualaikum wr..wb..
    Dr kecil sy sering mimisan sampe skrg umur sy 25..yg keluar sll sebela kanan hdung kra2 5mnt trz brhnti sndri n ga pernh priksa ke doktr..apakah ada indikasi penyakt..,???mhn saran n solusi y.trimakasih.

  36. Ping-balik: Mimisan dan Cara Pencegahan Serta Pertolongannya

  37. Anak saya batuk ,kadang disertai mimisan dan demam, karena mengidap asthma, dokter hanya sering memberi obat batuk, antibiotik , dan sesak napas, tapi gejalanya semakin sering, sbenarnya anak saya kena penyakit apa, bagaimana mengetahuinya dengan pasti dan jelas, mohon bantuannya

    • Selamat Pagi.

      Yth. Ibu

      Apakah sudah membawa anak ibu ke dokter spesialis penyakit dalam (internis)…?

      Coba periksakan anak ibu ke dokter tersebut.

      Kalau dalam bahasa kedokteran ada yang nama “second opinion”, yang berarti “pendapat dokter lain dari profesi yang sama”

      Semoga dapat membantu dan kami doakan anak ibu cepat sembuh, Amin

      Best Regards

      Johannes Harry

      ________________________________

  38. Assalamualaikum wr.wb. saya sudah berumur 18 th. tapi saya sering mimisan , saya mudah lelah/kecapekan, kalo sudah begitu pasti sakit kapala tak lama kemudian saya mimisan,, apa yang terjadi??? tolong penjelasannya. Terima kasih

  39. saya mimisan setiap saya dari panas-panasaan atau kena matahari langsung yag terikkk .. kapala saya pusingggg bgt sebelah setelah itu pasti sata mimisan padahal saya sudah berumur 20 tahun. . . saya takut kalo ini adalah sebuah penyakit berbahaya .. .tolong infonya .. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s